BATUAN BEKU

Posted on 08.16 by Jurnal Geologi

Batuan beku merupakan batuan penyusun kerak bumi yang berasal dari pembekuan magma, Magma merupakan cairan silikat panas dan pijar bersidat obile dengan suhu sekitar 1500 - 2500 C yang terdiri dari unsur O, Si, Al, Fe, Mg, Ca, Na, K.


Kata Igneous berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata ignis yang berarti api atau pijar. Karena magma merupakan material atau bahan yang pijar dan sangat panas maka batuan beku disebut dengan Igneous Rock. Magma adalah cairan silikat yang sangat panas dengan suhu berkisar 600 C sampai 1250 C yang bersifat mobile dan terbentuk secara alamiah (Larsen, 1938). Klasifikasi, penamaan dan pengenalan untuk batuan beku sangat erat hubungannya dengan cara pembentukan mineral yang dikandung batuan beku tersebut. Beberapa mineral umum terdapat sebagai kandungan yang penting, dalam pembentukan yang mengikuti aturan “Tingkat Kristalisasi” dari magma. Setiap mineral akan mengkristal pada temperatur yang tetap dan menerus mengikuti selang temperatur yang terbatas, pada waktu magma mengalami pendinginan proses ini disebut diferensiasi magma.



BACA PULA TENTANG BATUAN BEKU LAINNYA

Geologi Secara Umum, monggo dipilih dan di baca:

01. Pengertian Geologi

02. Cabang Ilmu Geologi
03. Struktur dan Komposisi Bumi
04. Batuan Dan Mineral
05. Siklus Batuan

06. Batuan Beku

07. Klasifikasi Batuan Beku Berdasarkan Genetik Batuan
08. Klasifikasi Batuan Beku Berdasarkan Kandungan Senyawa Kimia
09. Klasifikasi Batuan Beku Berdasarkan Kandungan Mineraloginya
10. Struktur batuan beku

11. Batuan Metamorf
12. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Metamorfisme
13. Tipe Metamorfisme
14. Klasifikasi Batuan Metamorf (Berdasarkan komposisi kimianya)
15. Struktur dan Tekstur Batuan Metamorf

1 Response to "BATUAN BEKU"

.
gravatar
andika pratama Says....

mkasih gan ,,, postingan batuan-beku , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

Leave A Reply