[GEO] MOR (Mid-Ocean Ridge)

Posted on 10.52 by Jurnal Geologi



MOR (Mid-Ocean Ridge) adalah rantai gugusan gunungapi di bawah laut yang mengelilingi bumi dimana kerak bumi baru terbentuk dari leleran magma dan aktifitas gunung berapi, panjangnya lebih dari 40.000 mil (60.000 km). MOR terbentuk oleh aktivitas tektonik lempeng yang bergerak secara divergen, sehingga kekosongan pada batas dua lempeng samudera yang terpisah terisi oleh lava/magma yang menghasilkan sebuah kerak baru.

Struktur yang paling menonjol di dasar samudera adalah punggungan tengah samudera (Mid-Ocean Ridge). Punggungan ini berupa tinggian yang memanjang di dasar samudera dengan puncak hingga ada yang mencapai 3.000 m di atas lantai samudera. Di bagian tengah punggungan biasanya terdapat lembah yang aktif diisi oleh lelehan magma secara terus-menerus. Di beberapa tempat atau segmen, punggungan tengah samudera terlihat mengalami pergeseran (offset), disebabkan terpotong oleh pensesaran yang terjadi kemudian, yang disebut sebagai sesar alih/transform (transform faults).
Benua – benua yang ada sekarang pernah bersatu dalam super continental Pangea.

Dengan demikian dasar samudra Atlantik terbentuk sejak benua – benua tersebut memberai, pecah dan terpisah. Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa dasar samudera dibentuk oleh kerak samudra yang relatif muda diperlihatkan oleh batuan sedimen yang tidak lebih tua dari 200 juta tahun. Punggungan tengah samudra merupakan satu kawasan yang dibentuk oleh kerak bumi yang baru. Dengan demikian dasar samudra secara menerus berkembang dengan punggungan tengah samudera sebagai tempat dan pusat naiknya magma baru, yang kemudian mendingin dan membeku membentuk kerak benua yang baru.

No Response to "[GEO] MOR (Mid-Ocean Ridge)"

Leave A Reply