STRUKTUR SEDIMEN

Posted on 01.07 by Jurnal Geologi

Struktur sedimen merupakan pengertian yang sangat luas, meliputi penampakan dari perlapisan normal termasuk kenampakan kofigurasi perlapisan dan/atau juga modifikasi dari perlapisan yang disebabkan proses baik selama pengendapan berlangsung maupun setelah pengendapan berhenti. Oleh sebab itu perlu kiranya dijelaskan dulu apakah sebenarnya yang dimaksud dengan perlapisan (bedding) itu, sehingga selanjutnya akan memperjelas batasan struktur sedimen.


Sebenarnya belum ada difinisi perlapisan yang memuaskan semua fihak, walaupun sebenarnya istilah perlapisan sudah luas sekali digunakan dalam pemerian runtunan sedimen. Difinisi yang paling luas digunakan adalah yang diusulkan Otto (1938), suatu perlapisan tunggal adalah satuan sedimentasi yang diendapkan pada kondisi fisik yang tetap konstan. Sejalan dengan itu mengartikan perlapisan sendiri sebagai bidang-bidang permukaan pengendapan yang disebabkan oleh suatu perubahan rezim sedimentasi dari waktu ke waktu. Perubahan ini meliputi:

A. Perubahan fisik:


  1. perubahan butir, termasuk bentuk, ukuran, orientasi, kemasan dan komposisinya.
  2. perubahan ragam batuan, misalnya dari batugamping kemudian napal.
  3. Perubahan warna walaupun masih mempunyai komposisi yang sama.
B. Perubahan kimia. Pada cairan yang membawa larutan sedimen perubahan temperatur, tekanan, dan konsentrasi ion akan menyebabkan perlapisan juga.

C. Proses biologi. Perbedaan populasi organisme dari waktu ke waktu akan menyebabkan perlapisan. Walaupun organisme yang mati tidak tersisa sebagai fosil (cacing misalnya) tetapi jejaknya kemungkinan akan ditemukan.

Perlapisan yang tebalnya >1 cm disebut lapisan (layer, bed atau strata), sedangkan yang <1 disebut laminasi (lamination)


1 Response to "STRUKTUR SEDIMEN"

.
gravatar
bagaskara rooshardwiadi Says....

Segitu aja bung ...tapi bagus lah buat pemula mohon dilihat lagi ...http://www.scribd.com/brooshardwiadi
http://geologyguobloki.blogspot.com/

pelajari kaitanya dengan depositional environment ..itu penting buat karakteristik reservoir, Karakterisitik coal dalam eksplorasi dan pengembangan serta pemanfaatan..

bahas juga sequnce history nya...itu baru yang namanya jurnal geology kasih dengan contoh kasusu untuk di beberapa daerah ..kalau nggak satu data real dengan data imaginer..

gw dah meng KO kan Master gw ...Bagaskara.

Leave A Reply