[Daily] Geologi sebagai jurusan berprospek sangan baik

Posted on 22.38 by Jurnal Geologi


Posting ini saya tulis diambil dari berbagai sumber dari artikel dan blog org di internet, saya rangkum menjadi satu untuk menjelaskan prospek dunia kerja seorang Geologist di masa yang akan datang.

jurusan Geologi dan Geofisika memiliki prospek bagus dan tidak sekedar mendapat kerjaan. Maklum, jurusan ini bukan jurusan yang bisa dipelajari dengan pengalaman. Jadi, anda tidak ada saingan lagi.Maklum, untuk jurusan lain masih bisa dibolak-balik. banyak yang changing career. Insinyur teknik kimia bisa aja menjadi insinyur kontrol yang biasanya ditempati teknik fisika dan elektro begitu juga sebaliknya. Progammer malah lebih luas cakupannya. Design engineering juga bukan hanya bisa dikuasai teknik sipil. Rotary engineering juga bukan hanya bisa didapatkan anak teknik mesin. Jadi hampir semua bidang bisa ditukar2 profesinya. Kecuali Geologi. Hanya orang geologi dan geofisika yang ngerti. Makanya kalo ada seorang geologis mengundurkan diri dari perusahaan, perusahaan akan bingung karena sulit cari pengganti. Hal ini mungkin beda dengan bidang lain.

Bagi perusahaan minyak seperti PT Medco Energi Internasional Tbk (MEI), kehilangan tenaga senior geologist sebanyak itu tentu menjadi persoalan yang cukup serius. Pasalnya, senior geologist adalah orang kunci di bisnis perminyakan. Mereka terutama bertugas untuk mendapatkan ladang-ladang minyak baru. “Jiwa perusahaan minyak itu ada di geolognya. Tanpa mereka, tentu perusahaan sulit mengetahui letak sumber minyak yang ada,” ujar Ridwan Jamaludin, sekjen Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI). Pada level pengambilan keputusan pun, posisi geolog sangat berperan. Sebab, seperti pada keputusan melanjutkan pengeboran atau tidak saja, masalah besarnya cost yang akan ditanggung harus benar-benar diperhitungkan.

Celakanya, tidak banyak orang yang berprofesi sebagai senior geologist. Mencetak tenaga ahli di bidang geologi tidak bisa instan. Untuk menjadi seorang geolog senior andal, seseorang harus terlebih dahulu berhasil menempuh pendidikan tinggi di jurusan ilmu geologi. Kemudian, ia juga harus sukses menangani berbagai proyek penambangan selama belasan tahun. Maka, seiring dengan kenaikan harga minyak dan komoditas pertambangan dunia saat ini, banyak perusahaan pertambangan dunia “berburu” tenaga senior geologist. Oleh karena tidak mau kehilangan momentum kenaikan harga, mereka pun tak segan-segan membajak tenaga senior geologist dari perusahaan pertambangan lainnya, termasuk dari Indonesia.

Kesimpulan yg bisa di ambil, Jurusan geologi memiliki prospek yg sangat besar di beberapa tahun kedepan, karena kebutuhan energi manusia di bumi semakin lama semakin meningkat sehingga di butuhkan seorang Geologist untuk mencari sumber2 energi baru termasuk mencari energi alternative. Untuk teman2 yg sedang berkuliah di jurusan yg berhubungan dengan sumber daya energi, jangan berputus asa, terus belajar dan berkarya demi masa depan manusia dan bumi yg lebih baik

.thx.

No Response to "[Daily] Geologi sebagai jurusan berprospek sangan baik"

Leave A Reply