TEKNIK INTERPRETASI CITRA - METODE PENGKAJIAN

Posted on 13.03 by Jurnal Geologi

Pekerjaan interpretasi citra dimulai dari pengakajian terhadap semua obyek yang sesuai dengan tujuannya. Meskipun demikian, banyak penafsir citra yang lebih suka mulai dengan menyiam seluruh atau sebagian besar daerah yang dikaji, kemudian dilakukan seleksi dan kajian terhadap obyek yang dikehendaki.

Para penafsir citra umumnya sependapat bahwa interpretasi citra sebaiknya mengikuti metodik tertentu, yaitu mulai dari pertimbangan umum yang dilanjutkan ke arah obyek khusus atau dari yang diketahui ke arah yang belum diketahui. Pekerjaan metodik dan interpretasi dari perujudan yang diketahui atau mudah diketahui ke perujudan baru yang belum diketahui atau sukar diketahui merupakan aksioma dalam kegiatan ilmiah. Perujudan umum dapat pula diartikan perujudan regional, sedang perujudan khusus dapat diartikan perujudan lokal. Pengkajian dari umum ke arah khusus dapat dilakukan bila tak ada ‘bias’ antara perujudan umum dan perujudan khusus.

Pada dasarnya ada dua metode pengkajian secara umum, yaitu:
1) Fishing expedition
Citra menyajikan gambaran lengkap obyek di permukaan bumi. Sebagai akibatnya maka bagi penafsir citra yang kurang berpengalaman sering mengambil data yang lebih banyak dari yang diperlukan. Hal ini disebabkan karena penafsir citra mengamati seluruh citra dan mengambil datanya seperti orang mencari ikan di dalam air, yaitu menjelajah seluruh daerah. Penggunaan metode ini berarti pengamatan seluruh obyek yang tergambar pada seluruh citra.

2) Logical search
Penafsir citra mengamati citra secara menyeluruh tetapi secara selektif hanya mengambil data yang relevan terhadap tujuan interpretasinya. Dengan kata lain diartikan bahwa penafsir citra hanya mengkaji obyek atau daerah secara selektif. Contoh, eksplorasi deposit minyak bumi hanya dicari di daerah endapan marin, khususnya yang berupa daerah berstruktur lipatan.

3 Response to "TEKNIK INTERPRETASI CITRA - METODE PENGKAJIAN"

.
gravatar
Ardhiansyam Says....

jujur saya ga paham dengan tulisan ini, tapi pasti berguna bagi yang sedang mempelajari geologi, keep blogging!

.
gravatar
Nunut Parasian Siregar Says....

maaf mas,saya mau nanya metode penginderaan jauh untuk menganalisa citra yg format jpg gmn y?

Leave A Reply